Kinerja SDM Organisasi Dakwah

Penulis:
Ahmad Nofal Abudi

Editor:
Muhammad Nalson Dawan

Kata Pengantar

Assalamu’alaikum wr. wb.

Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat serta hidayah-Nya sehingga penulis dapat bertahan di tengah kesulitan yang menghadang penulis saat menyelesaikan penulisan karya sederhana ini. Buku yang berjudul “Kinerja Sumber Daya Manusia Organisasi Dakwah (Studi Pengaruh Kepemimpinan  dan Budaya Organisasi)” ini didasarkan pada penelitian tesis saat menempuh pendidikan strata tingkat 2 (S2) di IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Pada buku ini penulis memaparkan suatu penelitian penulis yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi linier berganda yang jarang digunakan pada penelitian bidang manajemen dakwah. Dengan metode analisis regresi linier berganda akan dapat dirumuskan persamaan matematika yang mewakili pola pengaruh dan kadar pengaruh dua variable atau lebih terhadap satu variable (dalam hal ini variable kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kinerja SDM organisasi). Semoga buku ini dapat menjadi inspirasi bagi kalangan akademis dan organisasi dakwah yang hendak melakukan penelitian dan pengembangan aspek-aspek manajemen dalam suatu organisasi dakwah.  Karena sebenarnya proses dakwah akan lebih menjadi berkualitas ketika menyandarkan diri pada penemuan-penemuan dengan metodologi ilmiah. Pada kesempatan ini penulis bermaksud menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada beberapa pihak yang telah berkontribusi baik langsung maupun tidak langsung atas terselesaikannya buku ini :

  1. Bapak Masdar Hilmy, MA.,Ph.D., selaku Dosen Pembimbing yang telah memberikan bimbingan dan petunjuk selama penyusunan tesisyang menjadi dasar penulisan buku ini.
  2. Bapak Prof. Dr. H. M. Ridlwan Nasir, MA., Bapak Dr. H. Aswadi, M. Ag., dan Bapak Masdar Hilmy, MA.,Ph.D., selaku dosen penguji yang telah memberikan telaah kritis dan masukan konstruktif atas tesis yang menjadi dasar dari buku ini.
  3. Bapak H. Latief Toha dan segenap Pengurus Yayasan Baiturrahman Surabaya, yang telah memberikan ijin penelitian tesis dan bersedia berpartisipasi sebagai responden sehingga buku ini dapat terselesaikan.
  4. Pimpinan dan segenap Dosen serta Karyawan STID Al-Hadid Surabaya, yang telah bersedia memberikan kemudahan penyelesaian tugas-tugas penulis sebagai dosen STID AlHadid dan memberikan motivasi kepada penulis, sehingga bukuini dapat terselesaikan.
  5. Dirjen Pendidikan Tinggi Agama Islam Kementrian Agama yang telah menghibahkan dana yang memadai bagi publikasi hasil penelitian tesis penulis, agar dapat dinikmati oleh kalangan yang lebih luas.
  6. Penerbit Sunan Ampel Press Surabaya yang berkenan membantu mempermudah proses penerbitan buku ini secara lebih cepat dan berkualitas.
  7. Editor buku ini, yaitu Muhammad Nalson Dawam yang telah dengan rajin dan sabar mengedit naskah tesis penulis menjadi buku yang siap dibaca oleh berbagai kalangan.
  8. Rekan rekan seperjuangan dalam menempuh studi pasca sarjana IAIN Sunan Ampel Surabaya : Ahmad Hidayat, Suwari, Shofyan Affandy, Agung Teguh Priyanto, Indrawati, dan Maimunah, atas kerjasamanya selama dua tahun menempuh dinamika studi pasca sarjana di IAIN Sunan Ampel Surabaya.
  9. Segenap dosen STID Al-Hadid Surabaya yang telah menjadi partner dialog pemikiran dan berbagi ketrampilan di kampus yang penuh spirit pembentukan skill berbasis riset dan spirit profesionalitas sehingga penulis dapat mewujudkan buku ini menjadi kenyataan.
  10. Orang tua Penulis yang telah mewariskan segala bakat dan limpahan do’ayang senantiasa mengalir.
  11. Istriku Dianita Hani Putri dan buah hatiku Kevan Al Zeroun Zakwan Khalfani yang telah memberikan dukungan dan energi keceriaan di tengah kepenatan dalam menunaikan tugas selama ini.
  12. Semua pihak yang tidak bisa penulis sebutkan satu persatu, baik secara langsung maupun tidak langsung telah memberikan dorongan dan bantuan dalam menyelesaikan bukuini.

Penulis sadar  bahwa tiada suatu yang dapat penulis berikan sebagai tanda terima kasih dan balas jasa sepantasnya, selain berdoa semoga Allah SWT memberikan balasan yang berlimpah atas segala budi baik yang telah diberikan kepada penulis. Semoga buku ini dapat memberikan kontribusi dan inspirasi bagi kalangan akademisi serta pengurus organisasi dakwah  demi memajukan kualitas bidang manajemen dakwah. Penulis juga sangat terbuka, jika ada kritik dan masukan bagi bukuini.

Wassalamu’alaikum wr. wb.

Surabaya, Januari 2015 Penulis

Ahmad Nofal Abudi

Cover 2

Download Buku Versi PDF